Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelusuri Keunikan Air Terjun Seguri Kab Sekadau

Jangan pernah bosan atau pun lelah dalam mengarungi keindahan alam yang ada di sekitar kita saat ini, baik itu dekat maupun jauh, tidak indah atau pun indah.

Karena semua alam yang ada di sekitar manusia hingga saat ini merupakan Ciptaan yang Maha Besar dari Sang Pencipta yang di hadiahi untuk kita Manusia, sehingga kita sebagai Manusia yang berakal dan berhati nurani wajib menjaga dan melestarikan alam tersebut sehingga kelak dapat menjadi warisan Alam yang begitu indah dan mempesona bagi anak cucu kita.

Pernyataan di atas sangat relevan atau cocok sekali terhadap destinasi alam yang saya kunjungi pada bulan juni 2016 lalu, yaitu tentang perjalanan dalam mengarungi alam Air Terjun Seguri Kalimantan Barat.

Dalam informasi artikel ini bukanlah bertujuan untuk menyajikan pesona dan indahnya dalam wisata alam air terjun, seperti pada artikel-artikel yang pernah saya publish sebelumnya, melainkan artikel ini lebih membuka empati kepada para pembaca untuk lebih perduli dalam pelestarian alam sekitar.

Air terjun Seguri merupakan salah satu air terjun yang terletak di Desa Seguri, Kec Sekadau Hilir, Kab Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat.
Berikut wisata alam air terjun kalbar yang terletak di tengah hutan Kab Sekadau,sebernarnya air terjun ini tak kalah dengan air terjun merasap dll,tapi karena
Air Terjun Seguri.
Dokumen Pribadi
Mengapa nama air terjun nya sama dengan nama Desa Seguri?
Perihal nama air terjun tersebut, sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa dalam pemberian namanya, karena nama air terjun seguri terbentuk karena kesepakatan bersama dari kami para pengunjung dan sebagian dari penduduk asli Desa Seguri yang ikut bersama dalam mengunjungi Air terjun tersebut (yaitu: Seto, Arsen dan Bang Lohan).
Berikut wisata alam air terjun kalbar yang terletak di tengah hutan Kab Sekadau,sebernarnya air terjun ini tak kalah dengan air terjun merasap dll,tapi karena
Salah satu teman menyiapkan perapian.
Dokumen Pribadi
Perlu diketahui bahwa sebelum saya dan teman-teman berkunjung ke air terjun ini, air terjun ini sama sekali belum memiliki nama tetap.

Jadi untuk memudahkan dalam penyampaian informasi artikel Travedisi ini, kami semua sepakat menggunakan nama Seguri untuk air terjun ini, hal tersebut dikarenakan letaknya memang sangat dekat dengan permukiman warga Desa Seguri.

Sehingga saya pun tertarik untuk mengekspos air terjun ini ke Travedisi.com agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas, sehingga dapat berdampak baik pada wisata alam yang ada di Desa Seguri ini.

Walaupun Air Terjun Seguri ini hanya mencapai ketinggian 6 - 10 Meter saja, air terjun ini tetaplah sebagai pesona alam yang wajib di jadikan wisata alam lokal masyarakat Kab Sekadau.
Bagaimana dengan akses dan rute dalam menuju air terjun Seguri?
Dalam perihal akses dan rute ketika menuju wisata alam air terjun seguri ini, tidak lah terlalu rumit, karena track jalan bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat, akan tetapi... menjadi melelahkan jika berkunjung nya pada musim penghujan.
Berikut wisata alam air terjun kalbar yang terletak di tengah hutan Kab Sekadau,sebernarnya air terjun ini tak kalah dengan air terjun merasap dll,tapi karena
Perjalanan Menuju Air Terjun Seguri.
Dokumen Pribadi
Hal tersebut dikarenakan medan perjalanan masih dihiasi dengan licinnya tanah kuning ketika basah (alias jalan proyek kebun sawit), sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam berkendara menuju air terjun seguri ini.

(Berikut video dokumentasi nya)


....

Untuk masalah jarak perjalanan dari jalan besar (Daerah Peniti) hingga ke Air Terjun Seguri kira-kira berjarak 10 - 20 KM, daerah peniti tersebut terletak di tepi jalan sebelum masuk Kota Sekadau, tepatnya sebelum SPBU Pom Bensin daerah peniti.

Oh iya.. dikarenakan Air Terjun Seguri terletak sedikit ditengah hutan, maka kendaraan pengunjung harus di parkirkan pada area sebelum masuk hutan tersebut (Area Kebun Sawit), dan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak.

Berikut Rute Perjalanan Air Terjun Seguri via Google Map.
Kota Pontianak - Desa Peniti


....

Saran kepada Anda yang ingin berkunjung ke Air terjun Seguri, lebih baik jangan berkunjung ketika sore atau maghrib tiba, karena menurut penduduk setempat masih terdapat spot-spot berpenunggu makhluk ghaib ketika dalam perjalanan menuju air terjun seguri, seperti pada daerah Jembatan Semerah dan Hutan Kebaca.
Bagaimana dengan harga tiket atau biaya semacamnya?
Untuk perihal tiket dan biaya semacamnya benar-benar dapat dikatakan gratis, soalnya di air terjun ini selain terletak sedikit didalam hutan, juga memang tidak terlalu dikelola, jadi bagi siapapun yang ingin berkunjung, dapat dipersilahkan berkunjung tanpa harus mengurus tiket dan administrasi lainnya.
Berikut wisata alam air terjun kalbar yang terletak di tengah hutan Kab Sekadau,sebernarnya air terjun ini tak kalah dengan air terjun merasap dll,tapi karena
Suasana pengunjung yang bermain air.
Dokumen Pribadi
Sebagai tambahan kepada Anda para pembaca Travedisi, Air terjun Seguri memang tak seindah dan sejernih dari beberapa air terjun yang ada di wilayah Kalimantan Barat khususnya daerah Kab Sekadau, hal tersebut dapat di maklumi karena sekeliling area air terjun tersebut sudah banyak di kelilingi pohon sawit.
Selain itu, baca juga Inilah Alasan Air Terjun Bertingkat Saputih Merambang yg Wajib di Kunjungi
Sehingga bagi para pengunjung yang sudah melihat kondisi air terjun ini, wajib membuka mata dan hati, karena betapa pentingnya bumi ini jika kita sebagai Manusia untuk selalu berusaha dalam menjaga kelestarian Alam, terlepas dari kesalahan si A dan si B, marilah kita semua untuk saling Introspeksi diri dan melakukan hal yang positif demi kebaikan kelestarian Alam yang ada di Negeri Indonesia ini.
Berikut wisata alam air terjun kalbar yang terletak di tengah hutan Kab Sekadau,sebernarnya air terjun ini tak kalah dengan air terjun merasap dll,tapi karena
Penampakan Dari Sudut Kanan Air Terjun.
Dokumen Pribadi
Secara pribadi saya sungguh puas telah menginjakkan kaki di air terjun Seguri ini, karena dengan melihat beberapa hal dan situasi yang ada di ATS ( Air terjun Seguri ), membuat diri saya menjadi lebih sadar, bahwa Alam akan selalu mencintai Manusia, jika Manusia berlaku sama terhadap Alam, begitu juga sebaliknya.
Cintai Alam Kita, Sebelum Alam Tidak Mencintai Kita
Baiklah... demikian artikel kali ini yang membahas tentang Perjalanan dan Penelusuran Air Terjun Seguri Kan Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat.
Baca Juga salah satu Riam terindah yang ada di Kab Sekadau: Pesona Alam Riam Sirin Punti Membius Jiwa
Ada baiknya bagi Anda yang telah membaca artikel ini, untuk membantu membagikan artikel ini melalui sosial media pribadi Anda.

Untuk kurang dan lebihnya saya mohon maaf, sekian terima kasih.
Sampai Jumpa di artikel menarik selanjutnya.
Guido Famula
Guido Famula Saya blogger asal pontianak, yang tertarik menulis pengalaman perjalanan. untuk saat ini pengalaman yang saya bagikan masih disekitaran hutan kalimantan barat. semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Menelusuri Keunikan Air Terjun Seguri Kab Sekadau"